Kabupaten Malang pacu produksi Kakao, Utamanya di Malang Selatan | Komunitas Blogger Malang Selatan

Home » » Kabupaten Malang pacu produksi Kakao, Utamanya di Malang Selatan

Kabupaten Malang pacu produksi Kakao, Utamanya di Malang Selatan

Category:

BMS - Pemkab Malang melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) akan memacu produktivitas tanaman kakao di wilayah Kabupaten Malang utamanya bagian selatan.

Kepala Distanbun Kabupaten Malang, Purwanto, mengatakan upaya memacu produktivitas tersebut dilakukan dengan penyedian bibit kakao sebanyak 35.000 bibit.

“Ribuan bibit tersebut akan kami berikan kepada petani yang berkeinginan untuk menanam tanaman kakao di wilayah Kabupaten Malang,” kata Purwanto di Malang hari ini.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Malang dulu pernah menjadi pengekspor kakao terbaik di dunia. Dan pengelolaannya dibawah Perkebunan Kalibakar milik PTPN XII yang berada di wilayah Kecamatan Dampit dan Kecamatan Ampelgading.

“Saat itu kakao menjadi komoditas unggulan Kabupaten Malang.”

Sayangnya, lanjut dia, saat terjadi reformasi, potensi unggulan yang dikembangkan oleh PTPN XII di sejumlah wilayah di Kabupaten Malang tidak berjalan dengan baik menyusul lahan tanaman kakao yang banyak diambilalih oleh warga di sekitar perkebunan.

“Berkaca dari pengalaman itu kami akan kembali mencoba untuk menanam kakao. Pasalnya sejauh ini banyak permintaan kakao yang berasal dari sejumlah negara baik Asia maupun Eropa.” [BISNIS/ris]

Blogger Malang Selatan

Sudah Baca Artikel Lainnya?



Comments (0)

Posting Komentar